Prodi Biologi

Program Studi Biologi Fakultas Sains mendapat ijin pembukaan program studi Biologi pada 31 Desember 2018 dengan nomor SK 1177/ KPT/ I/2018 tentang Izin pembukaan Program Studi Biologi Program Sarjana dan Program Studi Biologi Program Sarjana pada Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Prodi Biologi awalnya bernaung dibawah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Kemudian pada Februari 2019 Fakultas Sains berdiri, dan Prodi Biologi bernaung dibawah Fakultas Sains bersama Prodi Fisika.

Program studi Biologi menjadi satu-satunya prodi Biologi di kampus Negeri di Provinsi Banten. Prodi Biologi memiliki visi keilmuan yang in-line dengan visi Fakultas dan Universitas serta merujuk pada tema besar asosiasi KOBI. Visi keilmuan Prodi adalah “Menyelenggarakan pendidikan biologi yang berbasis biodiversitas untuk menghasilkan lulusan sebagai peneliti, praktisi dan bioentrepreneur yang unggul dan berkarakter Islami”

Program studi Biologi telah menetapkan dua kategori profil lulusan yaitu profil utama (profil mayor) dan profil tambahan (profil minor). Profil utama lulusan program studi merupakan gambaran peran yang dapat dilakukan oleh lulusan program studi dengan bidang keahlian dan keterampilan tertentu yang sesuai setelah menyelesaikan studinya. Profil dapat ditetapkan berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industri, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyusunan profil juga merujuk pada tema besar asosiasi prodi. Untuk prodi Biologi dapat merujuk ke Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). Kurikulum program studi yang mengacu kebijakan merdeka belajar kampus merdeka perlu mengakomodasi kebutuhan dan minat mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di program studi. Jadi pada setiap program studi terdapat dua profil lulusan yaitu profil utama dan profil tambahan. Profil tambahan dapat beragam disesuaikan dengan karakteristik program studi. Contoh profil tambahan untuk prodi Biologi : bio-entreprenuer.

Profil lulusan Prodi Biologi secara lebih lengkap adalah sebagai berikut;

1. Peneliti. Lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai peneliti, serta bertanggung jawab dalam melakukan penelitian dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Biologi pada lembaga pemerintah dan swasta.

2. Praktisi. Lulusan memiliki kualifikasi dan profesional sebagai praktisi dalam bidang Biologi, seperti konsultan Sumber Daya Alam Hayati, Analis Ekosistem, Green Job, Quality Control, dan kurator museum Biologi.

3. Bio-entrepreneur. Lulusan memiliki kualifikasi sebagai entrepreneur serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan penerapan keilmuan Biologi.

Prodi Biologi memiliki angkatan I berjumlah 35, angkatan II berjumlah 65 dan angkatan III berjumlah 66. Berdasarkan kenaikan data pelamar disetiap tahunnya terlihat Prodi Biologi cukup diminati. Prodi Biologi memiliki fasiltas pendukung pembelajaran seperti ruang kelas, laboratorium berupa laboratorium biologi dasar, dan botani, laboratorium biokimia, genetika dan mikrobiologi, laboratorium ekologi dan zoologi, serta laboratorium fisika. Prodi Biologi juga sudah memiliki greenhouse untuk mendukung pembelajaran. Prodi Biologi memiliki lima DTPS dengan konsentrasi Mikrobiologi, Genetika, Biologi Molekuler,  Zoologi, Entomologi, Botani, Ekologi, dan Biokimia. Mahasiswa Prodi Biologi memiliki prestasi pada level regional maupun nasional, bidang akademik maupun non akademik, seperti juara II KTI IPPBMM tingkat nasional di UIN Walisongo, Juara III Vlog IPPBMM tingkat nasional, juar III film pendek, juara harapan III OASE olimpiade Biologi PTKI seIndonesia dll.

Prodi Biologi menyelenggarakan program MBKM terutama pertukaran pelajar. Mahasiswa Prodi Biologi telah mengikuti perkuliahan di UIN Raden Fatah Palembang untuk MK AMDAL, dan UIN Walisongo untuk MK Etnobiologi. Prodi Biologi Banten juga menerima mahasiswa MBKM untuk MK Genetika Mikrobia dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Walisongo, dan UIN Maulana Malik Ibrahim. Prodi Biologi senantiasa berupaya untuk menyelenggarakan seluruh program MBKM dengan menjalin kerjasama kepada stakeholder terkait. 

Scroll to Top
Scroll to Top