Sejarah Fakultas Sains

Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2017 tentang UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten memberikan mandat dalam perluasan kajian bidang keilmuan, yang semula terfokus pada pengembangan imu-ilmu keagamaan dan social berkembang dan menjadi kewajiban untuk mengembangkan keilmuan umum lainnya. Maka berdasarkan Peraturan Menteri Agama nomor 36 tahun 2019 tentang perubahan organisasi dan tata kerja UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, lahirlah Fakultas Sains. Fakultas Sains untuk pertama kalinya dijabat oleh Dr. Hidayatullah, M.Pd sebagai Dekan Fakultas berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 169/Un.17/B.III.2/KP.07.6/02/2020 tertanggal 5 Februari 2020.

Seiring adanya perubahan institusional atau perubaan kelembagaan dai IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Keppres Nomor 39 Tahun 2017, maka diperlukan suatu legalitas Fakultas SAINTEK di provinsi Banten khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Visi Universitas Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten adalah menjadi Universitas Islam yang unggul dan terkemuka dalam integrasi keilmuan yang berwawasan global. Adapun Misi UIN SMH Banten, diantaranya: Mengembangkan Pendidikan Akademik, Vokasi, dan Profesi yang Berkualitas; Menyelenggarakan Penelitian yang Inovatif dan Integratif; Melakukan Transformasi Masyarakat Sesuai dengan Nilai Keislaman; dan Membangun Kerjasama yang Produktif dan Kompetitif. Sementara itu, Tujuan yaitu Menghasilkan Lulusan yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Karimah yang Dapat Menerapkan dan Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni; Terciptanya Penelitian yang Inovatif dan Integratif untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Peradaban;Terlaksananya Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Secara Transformatif Berbasis Nilai Keislaman; dan Terlaksananya Kerjasama yang Produktif dan Kompetitif. Sejalan dengan visi, misi dan tujuan Universitas, maka diperlukan adanya Fakultas SAINS UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Pada awal berdrinya, Fakultas Sains hanya baru memiliki 2 (dua) program studi, yaitu Program Studi Biologi dan Program Studi Fisika. Kedua prodi ini sebelumnya menginduk ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan selama 1 (satu) semester (ganjil), dan pada awal semester kedua (Genap) bertepatan dengan telah lahirnya Fakultas Sains, maka berdiri sendiri di bawah naungan Fakultas Sains.

Scroll to Top
Scroll to Top