HMPS BIOLOGI

Himpunan Mahasiswa program studi (HMPS) Biologi 

Himpunan Mahasiswa program studi (HMPS) Biologi merupakan organisasi internal tingkat prodi yang berada di Fakultas Sain UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan disahkan pada 28 Februari 2020 oleh Dekan Fakultas Sain Bapak Dr. Hidayatullah, M.Pd. Dan dihadiri oleh Wakil Rektor III Bapak Prof. Dr. KH. Wawan Wahyudin, M.Pd., Wakil Dekan 1 Bapak , Wakil Dekan II Ibu dan Ketua Prodi Biologi dan Fisika beserta jajarannya. Beranggotakan sebanyak 33 orang dengan struktur kepengurusan berisi Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Bidang Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO), Bidang Internal, Bidang Eksternal, dan Bidang Minat dan Bakat. Pemilihan Ketua dan Bidang-bidang di lakukan dengan cara musyawarah bersama dengan seluruh mahasiswa di jurusan biologi dengan hasil yang terpilih sebagai Ketua Umum di tahun pertama terbentuknya HMPS Biologi yaitu Muhammad Farhan Kurnia. Tujuan Himabio “Araneus” yaitu terwujudnya mahasiswa muslim yang bertakwa kepada Allah SWT., memiliki integritas kepribadian, keluasan wawasan dan kepedulian sosial, terealisasinya program-program kerja yang sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi secara terarah, terciptanya harmonisasi di lingkungan   himpuanan secara proaktif dan produktif, membentuk mahasiswa Program Studi Biologi yang inovatif, memiliki kesadaran berorganisasi, berjiwa konservatif, memiliki integritas kepribadian dan kepedulian sosial yang baik, dan mewujudkan Visi dan Misi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

HMPS Biologi memiliki tiga kelompok studi yaitu kelompok studi botani, zoologi, dan mikrobiologi yang berfungsi untuk mewadahi potensi dan minat mahasiswa dalam bidang biologi. Di awal kepengurusan ini kami sudah tergabung dalam Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) di wilayah kerja III. Adapun beberapa kegiatan kita yang telah dilaksanakan pada kepengursan pertama ini yaitu seminar-seminar biologi, Biologi Festival I, Insectarium Serangga, Pembuatan Nata dari Sayuran, Pengabdian Masyarakat tentang Nyamuk, diskusi bersama semua mahasiswa, Tabligh Akbar, Open Donasi untuk korban banjir.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi pada kepengurusan kedua dilakukan pemilihan ketua baru dengan cara musyawarah bersama dengan seluruh mahasiswa melalui pemilihan umum dari SEMA Universitas dan mendapatkan hasil Muhammad Farhan Kurnia terpilih lagi sebagai Ketua HMPS Biologi 2021. Berdasarkan UU-KBM UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tentang struktur kepengurusan maka kami mengubah bidang-bidang yang ada agar sesuai dengan yang tercantum didalam UU-KBM yaitu menjadi Bidang Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO), Bidang Internal, Bidang Eksternal, dan Bidang Pemberdayaan Perempuan. Adapun kegiatan-kegiatan yang telah kita laksanakan di tahun 2021 yaitu Biologi series II yang baru selesai kita laksanakan dibulan November dan Desember awal, Studi banding dengan jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan juga dengan jurusan Biologi Universitas Pasundan, HIMABIO Rhinos Day yang berisi lomba dan seminar, Musyawarah Besar, Kajian Belajar Tahsin, Webinar Keperempuanan, Pelatihan Desain, Upgrading dan rapat kerja, Tabligh Akbar, Open Donasi untuk panti asuhan, dan kegiatan latihan olahraga bersama.

Scroll to Top
Scroll to Top